6 Tips Island Hopping Biar Makin Enjoy !

0

 

Republik Indonesia (RI), umumnya disebut Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 16.056 pulau ( yang sudah diberi nama dan terverifikasi ), nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.

Dilihat dari segi geografis, kepulauan Indonesia terletak antara 5° 54′ 08″ bujur utara hingga 11° 08′ 20″ bujur selatan dan 95°00’38“ sampai 141°01’12“ bujur timur. Beberapa pulau terletak di garis ekuator. Karena itu, siang dan malam memiliki waktu yang hampir sama, yaitu 12 jam. Atas dasar letak geografis yang luas, wilayah Indonesia dibagi menjadi 3 zona waktu yaitu WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah) dan WIT (Waktu Indonesia Timur). Dari satu pulau ke pulau lainnya dapat terjadi perbedaan waktu hingga 8 jam.

Dengan banyaknya pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan mempunyai iklim tropis, menjadikan Indonesia arena bermain yang menyenangkan bagi para pelancong baik domestik ataupun mancanegara. Banyak sekali rute yang ditawarkan untuk mengelilingi pulau-pulau (Island Hopping) ciamik di Indonesia, seperti Raja Ampat, Taman Nasional Komodo, Karimun Jawa, Kepulauan Nias, Belitung dan banyak lagi.

Hopping Island atau muter-muter pulau merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh para pelancong ketika mengunjungi indonesia, berikut tips-tips muter-muter pulau :

 

  1. Berangkat dengan grup, untuk meringankan biaya sewa kapal dan alangkah baiknya berangkat dengan teman,sahabat atau keluarga agar kapal yang dipakai island hopping lebih nyaman dengan orang-orang yang sudah kenal. Jika seandainya solo travelling dan tetap ingin melakukan island hopping, bisa dengan bergabung dengan grup lain yang mungkin kekurangan personil untuk melakukan island hopping namun jika punya kocek berlebih tidak masalah menyewa satu kapal untuk diri sendiri, Hoooraaanggg kayaaaa.
  2. Cek cuaca destinasi yang akan dilalui ketika island hopping, karena waktu yang ideal melakukan island hopping adalah musim panas. Biasanya pada musim penghujan gelombang laut akan sangat tidak bersahabat, jadi tidak akan nyaman terombang-ambing berhari-hari ditengah laut.
  3. Pilih kapal yang layak untuk melakukan island hopping, tujuan utama nya untuk keselamatan. Kapal yang layak itu, kapal yang sesuai dengan jumlah penumpang, kapal yang sesuai untuk rute island hopping (karena ada beberapa perairan sebaiknya memakai kapal besar untuk dilalui) dan kapal yang mempunyai standart keamanan yang sudah ditentukan oleh pihak terkait.
  4. Pastikan kondisi badan fit, karena jika badan dalam keadaan drop akan gampang sakit ketika terlalu sering terkena air sampai basah kuyup. Jangan lupa menyiapkan obat-obat pribadi untuk pencegahan.
  5. Jangan lupa siapkan travel kit seperti, Sunblock, kacamata hitam, topi, baju ganti, alat-alat dokumentasi dan tentunya tas anti air.
  6. Dan jangan lupa untuk menikmati perjalanan anda, jangan terlalu banyak selfie emoticon-Big Grin atau modusin teman seperjalanan. Mungkin bisa menikmati sunset ketika singgah di pulau kecil tanpa penghuni.Atau Hammockan dipinggir pantai setelah penat terombang-ambing di tengah laut.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[+] kaskus emoticons nartzco