Asal muasal @TravellerKaskus, adalah sebuah komunitas pejalan yang semula bertemu di Forum Kaskus.

Setelah kerap melakukan perjalanan bersama, pada 23 Januari 2012 beberapa orang “enthusiast” membuat akun microblog twitter @TravellerKaskus demi memudahkan komunikasi antar-anggota di media sosial, sekaligus untuk berbagi informasi yang akan membantu para pejalan saat melakukan petualangan.

Sementara itu diskusi yang lebih mendalam tetap dilakukan di Sub-Forum Travellers yang ada di Forum Kaskus sebab twitter dengan segala keterbatasannya seringkali hanya mampu mengupas kulit permukaan. Saat ini admin twitter @TravellerKaskus berjumlah 6 orang, salah satunya adalah moderator di Forum Traveller Kaskus.

Komunitas ini ingin terus berkembang menjadi tempat berdiskusi dan berbagi para pejalan, seiring dengan ilmu dan pengalaman baru yang diperoleh. Selanjutnya, orientasi kami bukan lagi sekadar destinasi; di mana ada komunitas, ke sanalah kami akan datang untuk bercengkerama dan berdiskusi. Sebab kami yakin bahwa bukan destinasi saja yang mesti dikembangkan namun juga komunitas yang menghuninya. Bersama-sama, kami ingin terus mengembangkan wacana perihal pariwisata.

Selain melakukan perjalanan, kami juga mengadakan kegiatan seperti “Lekong Ciin” (Traveller Nongkrong Cinta Indonesia) – kegiatan kongkow rutin dan terbuka untuk siapa saja; “Jakarta Historical Race”, sebuah travelling game yang sarat konten sejarah – seperti ‘The Amazing Race’, dua belas kelompok menjelajahi tempat-tempat bersejarah yang ada di Jakarta dengan dua jalur berbeda, diselingi permainan dan petunjuk berupa sejarah tempat tersebut; ada juga kegiatan yang dinamakan “Traveller Berbagi” yang sudah beberapa kali diselenggarakan – sebuah kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian para pejalan terhadap anak-anak “kurang beruntung” dengan cara mengajak mereka jalan-jalan di seputaran Kota Tua Jakarta sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Terkait pariwisata Indonesia, kami berharap konsep pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) dapat diterapkan dengan melibatkan seluruh stakeholder. Diharapkan, masyarakat luas dapat memperoleh manfaatnya. Kami percaya bahwa negeri yang kita cintai ini bisa menjadi lebih maju lewat pariwisata, karena itulah kami konsisten menyebarkan informasi mengenai pariwisata Indonesia. Membuat diskusi, menjadi pembicara talkshow, dan menyelenggarakan seminar, adalah beberapa usaha kami untuk turut serta memajukan pariwisata nusantara.