Traveller Kaskus

General

Sepatah Dua Patah Coklat

Sebenarnya ini untuk mengobati rasa haus saya atas kurangnya catatan perjalanan yang bisa ‘menggerakkan’ di dunia literatur Indonesia kontemporer, sebab masih sedikit kisah perjalanan yang mampu membuat saya langsung mengangkat ransel selesai membacanya.

Di sela-sela kesibukan membaca novel dan tidur, saya menyunting tulisan-tulisan yang masuk ke travellerkaskus(dot)com. Saya sih mencari tulisan yang memiliki ruh, yang mampu menggerakkan pembaca untuk setidak-tidaknya mewujudkan keinginan terpendamnya untuk bertualang. Kalau bisa yang tidak hanya mengangkat soal alam dan keindahannya, sebab sampai jutaan tahun yang akan datang – jika tidak ada bencana katastrofis atau kerusakan lingkungan masif akibat manusia – alam akan begitu-begitu saja. Kalau kata Keane, “Everybody’s changing.” Manusia-manusialah yang berganti. Sukur-sukur bisa memancing munculnya gerakan-gerakan yang akan berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Website ini adalah proyek jangka panjang. Mudah-mudahan bisa sama-sama belajar di sini. Akan bahagia sekali rasanya jika di antara kontributor web ini – lima, sepuluh, atau dua-puluh tahun lagi – ada yang jadi penulis sekaliber Theroux, Thubron, atau pengarang fiksi macam Kerouac atau Naipaul.

Cheers,
Fuji Adriza

Share to social media :

Leave a Reply