6 Hal yang Sayang untuk Dilewatkan Sebelum Island Hopping di Karimun Jawa

0

Karimun Jawa merupakan gugusan kepulauan berjumlah 22 pulau yang terletak di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mempunyai luas 111.625 Ha. Karimunjawa adalah salah satu dari tiga pusat perikanan yang diandalkan di Jawa Tengah, dan fakta bahwa sebagian besar penduduknya yang berjumlah lebih dari 8.800 jiwa adalah nelayan yang menggantungkan hidupnya pada sumber daya perikanan.

Karimun Jawa TravellerKaskus

Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimun Jawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak “kremun-kremun” maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Wisatawan berbondong-bondong datang ke Karimun Jawa terutama pada weekend atau musim liburan yang tentunya untuk menikmati keindahan bawah laut serta pulau-pulau kecil nan cantik, namun sayang untuk dilewatkan keindahan Karimunjawa lainnya selain keindahan bawah laut nya, jadi ada baiknya sebelum melakukan island hopping untuk mengekplor keindahan Karimunjawa dari darat (Pulau Utama).

 

Berikut keindahan Karimun Jawa yang sayang dilewatkan sebelum island hopping:

1. Menikmati Sunrise Legon Lele

Legon lele merupakan sebuah perdesaan dengan pantai yang terletak di pulau karimunjawa, Jepara Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi pantai, di butuhkan waktu 20 menit dari dermaga karimunjawa. Bagi anda yang ingin ke pantai legon lele, di haruskan menggunakan motor, karena akses jalan ke sana tidak terlalu besar dan lumayan cukup jauh.

Nama legon lele itu yang ngasih nama adalah Mbah Sunan Nyamplungan Namanya Mbah Syeh Amir Hasan, dan pada waktu itu beliau berangkat dari Jepara menuju pulau karimunjawa memakai getek (rakit) pada waktu itu dia bersandar di sebuah pantai pedudukan legon lele.Pada waktu itu juga beliau dibekali ibundanya dengan ikan pepes lele, dan ikan lele itu dimakan situ dan durinya dibuang di bendungan dengan karona sunan nyamplungan, dan ikan itu hidup durinya hidup dapat berubah menjadi ikan lele , maka dari itulah dusun itu dikasi nama desa legon lele.

2. Bersantai di Hamparan Sawah

Hamparan sawah pada umumnya ketika kita melewati jalan antar provonsi di pulau-pulau besar Indonesia namun di Karimun Jawa tepatnya di area Cikmas terdapat hamparan sawah yang terletak di bawah bukit (Gunung Gendero). Hamparan sawah ini membuktikan bahwa tanah di Karimunjawa cukup subur untuk bercocok tanam.

3. Tracking Mangrove

Selain keindahan pantai dan gugusan pulau-kecil-tropis yang menawan Taman Nasional Laut Karimun Jawa juga menyuguhkan keindahan hutan mangrove alami seluas 10, 5 hektar. Karimunjawa. Tracking Mangrove Taman Nasional Karimunjawa, berada di dusun Gonipah, Kemujan (Pulau yang bersebelahan dengan karimunjawa terhubung oleh jembatan). Jalur tracking dari papan kayu sepanjang lebih dari 2 kilometer sampai ke tepi pantai, membuat perjalanan Anda dalam menyusuri hutan mangrove menjadi lebih nyaman dan aman. Terdapat juga gardu pandang untuk menikmati keindahan mangrove dari ketinggian.

4. Beach Camp di Pantai Ujung Gelam

Pantai berpasir putih ini berada di alang-alang, Karimunjawa. Biasanya pantai ini ramai pengunjung ketika menjelang senja. Pantai ini cukup mudah ditemukan, karena pantai ini adalah salah satu spot favorit untuk menikmati senja. Untuk bermalam disini sebaiknya minta ijin kepada warga sekitar.

5. Menikmati garis pantai Karimunjawa dari ketinggian

Bukit Love terletak di dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara. Letaknya Bukit Love tidak jauh dari kota, Anda bisa bersepeda motor sekitar 10 menit untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Disini anda akan disuguhkan batu bertulisan “LOVE” yang terletak di atas bukit yang mengarah ke laut dengan panorama bukit dan hamparan laut yang luas, dan disini juga salah satu tempat sunset point yang indah di Karimun Jawa.

6. Bercengkrama dengan senja

Banyak pilihan spot di Karimun Jawa untuk menikmati matahari tenggelam. Bisa ke dermaga Karimun Jawa yang terletak tidak jauh dari alun-alun Karimunjawa yang pada malam hari berubah menjadi pusat kuliner.
Senja di Karimun Jawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.