Traveller Kaskus

Advertorial

Gallery Prawirotaman Hotel, Pilihan Terbaik Untuk Lebih Intim Dengan Jogja

Kamu pasti tidak menyangka bahwa dari sini, dari salah satu kamar Hotel Gallery Prawirotaman, kamu dapat melihat Gunung Merapi berdiri gagah di sebelah utara. Sebab dari Jalan Kaliurang pun, yang terletak lebih ke utara dan lebih dekat dengan Merapi, sekarang sudah agak susah mencari lokasi untuk menikmati Merapi ketika kabut pagi masih menyelimut. Di bawah, kolam renang yang bersih dan bening siap mengademkan para tamu hotel sepulang menjelajah Yogyakarta.

Tapi kamu lebih tidak akan menyangka lagi bahwa dari kamar hotel berbintang empat ini kamu dapat melakukan napak tilas ke masa lalu. Tahukah kamu bahwa nama Prawirotaman berasal dari seorang bangsawan yang menerima hadiah dari raja berupa sepetak tanah, seperti anugrah feud di Eropa kuna? Prawirotomo, bangsawan itu, telah berjasa menjaga kedamaian wilayah kerajaan. Ia lalu mengembangkan tanahnya itu sebagai sentra batik cap dan sempat menjadi salah satu yang terbesar di zamannya.

Arsitektur hotel ini bergaya kolonial, seolah mengingatkan tamunya bahwa Jalan Prawirotaman ketika masa perjuangan kemerdekaan adalah markas Laskar Hantu Maut yang ditakuti prajurit sekutu. Bahkan dahulunya ia sempat dinamai Jalan Gerilya.

Sekitar tahun ‘70an, semasa generasi bunga, Prawirotaman mulai dikenal sebagai kampung turis dan terus mempertahankan citra itu sampai sekarang. Jika kamu menyusuri kawasan sekitar Prawirotaman di malam hari, seperti jalan besar Parangtritis, dengan mudah kamu akan menemukan bar, kafe, atau restoran dengan tamu beragam, dari mulai lokal hingga mancanegara.

Setelah menikmati eloknya pagi dari balkon kamar, kami bergerak ke meeting room yang bisa menampung 200 orang, bersiap untuk mengadakan talkshow bertema voluntourism.

Kolam renang, gym, restoran dengan chef yang mampu mengubah rempah menjadi makanan lezat untuk dimamah–tidak banyak hotel yang menyediakan fasilitas selengkap ini. Pantas saja jika di Yogyakarta Hotel Gallery Prawirotaman menduduki peringkat pertama di antara empat hotel berbintang empat. Yakinlah bahwa untuk keperluan apapun kamu tidak akan merasa rugi menginap di hotel ini.

Share to social media :

Leave a Reply